Pages

Thursday, September 12, 2013

Pentingnya "Disiplin" 1

Taukah Anda pendidikan latihan dasar militer adalah latihan baris-berbaris. Taukah Anda mengapa group pasukan pengibar bendera Merah Putih (PASKIBRAKA) latihan dasarnya adalah baris-berbaris. Itulah sebenarnya latihan dasar kedisiplinan, kepatuhan untuk menciptakan keteraturan dalam organisasi. Coba bayangkan jika setiap individu pelaku organisasi tidak disiplin sesuai dengan perintah dasar, maka organisasi itu akan nampak kacau balau. Organisasi militer telah diakui kehandalannya, karena mereka memiliki "disiplin tinggi", loyalitas dan kepatuhan pada konsep-konsep organisasi yang telah ditetapkan oleh badan organisasi mereka lakukan dengan senang hati, tanpa beban sedikitpun. Itulah mengapa militer disebut lembaga yang paling sukses dalam membangun organisasinya.

Tata cara militer bisa kita terapkan dalam bermasyarakat, tentunya sesuai denga kebutuhan, tidak harus mengikuti menerapan disiplin ala militer, Kita bisa mengadopsi sesuai dengan kebutuhan organisasi yang sifatnya CIVIL yang terorganisasi. Contoh kecil di pemerintahan tingkat desa, kecamatan itu adalah sebuah organisasi, sementara di bidang usaha adalah seperti badan CV atau PT, itu adalah sebuah organisasi juga.

Untuk memenuhi stadarisasi sumber daya manusia (tentang organisasi/disiplin organisasi) biasanya sebuah lembaga selalu memberikan pelatihan tentang organisasi internnya, seperti pelatihan seminar pra-jabatan. Itu dimaksudkan agar peserta memahami misi dan visi yang harus dilakukan ketika mereka bergabung dengan organisasi. Pekerjaan apa yang harus dilakukan dan disiplin sperti apa yang harus mereka patuhi.

No comments:

Post a Comment